SEJARAH SINGKAT KELURAHAN BENTENG

Letak geografis Kelurahan Benteng berada di wilayah perkotaan tepatnya berada di sebelah selatan Ibu Kota Kabupaten Ciamis yang kawasannya mulai padat dengan perumahan penduduk dengan luas wilayah ± 298,12 Ha dengan dialiri oleh Sungai Citanduy dan Sungai Cipalih.

Sebelum menjadi Kelurahan, Benteng merupakan daerah desa yang memiliki pemerintahan sendiri, dahulu disebut Desa Benteng ± pada tahun 1945 dipimpin oleh Bapak H. Saepudin dengan sebutan Kepala Desa dan dibagi menjadi beberapa RT (Rukun Tetangga) dan RK (Rukun Kampung) yang sekarang RW (Rukun Warga). Dengan berjalannya waktu, pada tahun 1965 s.d 1980 dipimpin oleh  Bapak H. Sukarno sebagai Kepala Desa ke II yang merupakan putra dari Kepala Desa sebelumnya yaitu Bapak H. Saepudin. Selanjutnya Desa Benteng dipimpin oleh Bapak H. Amirudin sebagai Kepala Desa ke III.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa dan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 140-502 tanggal 27 September 1980 dan Nomor 140-135 tanggal  22 September 1980 perihal Penetapan Desa menjadi Kelurahan, maka terhitung tanggal 1 Januari 1981 Desa Benteng statusnya mengalami perubahan yaitu semula berstatus Desa berubah menjadi Kelurahan.

Kelurahan Benteng yang berasal dari Desa Benteng mulai berdiri pada tahun 1981 dengan pusat pemerintahannya adalah bertempat di Lingkungan Desa. Adapun Lurah Benteng yang pertama adalah Bahru yang memerintah pada tahun 1982.

Walaupun statusnya sebagai Kelurahan, namun masyarakat Kelurahan Benteng masih bercorak pedesaan yang secara umum masih homogen baik dari segi sosial, budaya maupun ekonomi, dimana masyarakatnya masih mengandalkan bidang pertanian sebagai penghidupan pokoknya. Dari segi agamapun seluruh masyarakat Kelurahan Benteng merupakan pemeluk Agama Islam.

Adapun perubahan status dari Desa menjadi kelurahan adalah karena wilayah Benteng merupakan daerah pinggiran pusat kota Kabupaten Ciamis sehingga dipandang perlu adanya perubahan dari desa menjadi kelurahan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan perkembangan yang secara umum lebih pesat di daerah pusat kota Kabupaten Ciamis.

Sesuai dengan perubahan dari desa menjadi kelurahan pada tahun 1981, maka terjadi perubahan pada tatanan pemerintahan. Pimpinan pemerintahan yang semula adalah Kepala Desa yang dipilih langsung oleh masyarakat dan menjalankan pemerintahan sendiri berubah menjadi Lurah yang telah ditunjuk sebagai perangkat daerah Kabupaten.

Semenjak Desa Benteng hingga Kelurahan Benteng dengan berbagai perubahan dan kebijakan Pemerintah maka seiring itu pula banyaknya pergantian Pimpinan Desa/Kelurahan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *